Namun dari semua kemudahan yang dimiliki motor jenis matic ada banyak faktor yang harus diperhatikan oleh pemilik motor jenis ini,diantaranya kita harus mengetahui cara menggunakannya,teknologi yang disandangnya,dan yang paling penting perawataan berkalanya yang wajib kita perhatikan ya sobat,
Motor jenis ini menggunakan kopling tipe kering ada beberapa gigi yang langsung terhubung dengan roda beda dengan tipe bebek,dan orang-orang umumnya menyebutnya gigi gardan,dan tentunya juga harus diperhatikan banget pemeliharanya,dengan cara mengganti oli gardan secara rutin,pada umumnya pabrikan menentukan pergantian periodik oli gardan itu sekitar 8000 km,agar komponen yang terdapat di gardan selalu terjaga ya.dibawah ini saya tampilkan photo gigi counter shaff 13 yang hancur gara gara telat ganti oli
dan bukan hanya gigi ini saja yang bisa rusak bearingnya pun bisa rusak seperti photo berikut ini
ini bearing yang terdapat diblok gardan tempat dudukan gigi countershaff13 ikut juga rusak,dan bukan mustahil bila kita tidak memperhatikan pergantian periodik yang disarankan pabrikan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal lagi ,pastinya biaya yang kita kelurkan juga tidak sedikit ,hehehehe bisa gigit jari kita mending buat beli baso ma jalan-jalan ma pacar atau keluarga ,jangan lupa ganti oli gardannya ya biar motor matic kita awet,semoga bermanfaat salam satu hati.
Catatan:pergantian oli gardan yang disarankan tiap 8000 km