Siapapun ingin motornya dalam kondisi baik, layak dipakai dan nyaman tentunya. Sudah pasti kita harus selalu merawat motor tersebut. Postingan saya kali ini sedikit mengulas hal-hal apasaja yang harus diperhatikan, ulasan ini saya ambil dari buku service berkala yang dikeluarkan oleh AHM sebagai produsen motor Honda, oke langsung aja.
Km. 4000 pergantian periodik oli mesin, namun saya sarankan pergantian oli dilakukan pada kisaran 2000-2500 km untuk menjaga kondisi mesin tetap prima.
Km 8000, pada km ini dianjurkan mengganti busi sesuai dengan tipe motornya, juga waktunya mengganti oli gardannya, disamping itu ruangan cvt tempat beradanya kopling agar di bersihkan dengan cara ditiup dengan angin bertekanan.
Km 10000, pada sepeda motor matic yang menggunakan pendinginan air, di km ini dianjurkan untuk mengganti cairan pendingin, dan saat dianjurkan sekali menggunakan cairan yang sudah direkomendasikan AHM.
Km 16.000, motor matic honda menggunakan saringan udara yang dilarang untuk dibersihkan karena ada lapisan oli yang berfungsi menangkap kotoran, oleh karena itu filter udara ini wajib diganti pada kilometer ini.
Km 24.000, km ini disarankan mengganti v belt karena pada kilometer ini v belt telah mengalami perubahan bentuk yang menyebabkan kurangnya peforma tarikan mesin.
Semua ketentuan tersebut berlaku kelipatannya jadi apabila kilometer kita berada pada posisi 24.000 km berarti selain v belt, busi, oli gardan, filter udara, oli gardan pun harus diganti.
Dan jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan komponen keselamatan seperti rem, lampu utama, lampu rem, lampu sein dan ban pun harap di utamakan. Demikian hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam merawat motor matic kesayangan kita, informasi terkait masalah ini dapat ditanyakan pada ahass kesayangan anda semua semoga info ini dapat menjadi wawasan bagi kita semua, dan semoga bermanfaat.