Waspadai kabel harness beat new FI

    Serem banget ya judul diatas, cuma mengingatkan aja sedikit berbagi pengalaman beberapa kasus pemilik motor beat new yang mengeluh motor suka mati-mati saat dikendarai. Bukan menakuti-nakuti ataupun menjelekkan produk Honda saya yakin pihak Honda pun sudah mengingatkan kepada semua jaringannya untuk menghindari permasalahan diatas dalam bentuk informasi internal tentunya, namun permasalahannya dijalankan tidak oleh pihak-pihak terkait dalam hal ini contohnya Ahass.
     Bukan melulu tanggung jawab Ahass  layaknya motor yang kita miliki, kita sebagai pemilik motor memiliki peranan penting dalam hal ini. Oke kembali ke judul topik bahasan kali ini, ada beberapa kasus matinya motor beat disebabkan oleh terkelupasnya kabel akibat gesekan dan panas mesin, karena kabel bersentuhan dengan mesin, lama kelamaan solasi terkelupas akibat gesekan dan panas mesin tadi sehingga mesin menjadi mati, yang disebabkan kabel yg terkelupas tadi kontak dengan ground. Dibawah ini saya lampirkan beberapa bukti uraian saya diatas.

Digambar ini kabel yang
terkelupas adalah kabel sensor ckp sehingga bila terjadi kontak langsung dengan bodi mesin sudah tentu mesin mati. Dan biasanya bila terjadi hal ini ditandai dengan berkedipnya MIL lampu yang berlambang pompa dipanel spidometer,
Untuk itu kita bisa menghindarinya dengan cara memastikan kabel harness tidak bersentuhan langsung dengan bodi mesin. Jika masih bingung kita dapat datang langsung ke Ahass ceritakan kepada kepala mekaniknya untuk mengecek kabel harness tadi. Atau jika kita ingin mencoba sendiri bisa kita lakukan pencegahan dengan menggunakan kabel ties yang panjangnya 20 cm , kita cari kabel harness yang berada dibawah saringan udara , disitulah biasanya kabel harness bersentuhan langsung dengan body mesin, setelah ditemukan kita bisa langsung mengikat kabel harness ke atas bertumpu pada saringan udara agar tidak bersentuhan langsung dengan mesin, mungkin jika ada photonya nanti saya lampirkan untuk memudahkan melakukannya. Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.