Arti Singkatan Nama Motor CBR, GSXR, dan lainnya

Selamat pagi, siang atau malam bro, bagaimana kabarnya?. Kali ini saya mau membahas tentang arti dari singkatan singkatan dari nama Motor. Berbeda dengan nama atau jenis motor yang kebanyakan beredar di Indonesia ya.., yang nama di sini menjadi beda dengan nama jika motornya di jual di luar negeri.., misalnya motor Suzuki, kalo di thailand dan beberapa negara lain namanya Suzuki Raider, begitu di jual di Indonesia menjadi Suzuki Satria.

Tapi yang akan di bahas ini adalah nama atau jenis yang sudah melekat di Motor, jadi walaupun di jual di berbagai negara akan tetap menggunakan nama yang sama.

1. Honda CBR

Honda CBR 650F


Kalo CBR ini mungkin yang paling banyak mempunyai kepanjangan, ada yang menyebut Closed Body Racer,  ada yang bilang juga  Commuter Bike Racer, Menurut anggota tim riset Honda, Dan Hancock, CBR adalah singkatan dari Cross Beam Racer,karena motor ini menggendong mesin yang diletakan pada seluruh bingkai balok motor.
Namun dari banyaknya versi tentang arti dari CBR. City Bike Racing adalah kepanjangan yang paling umum. Karena nama ini dapat mencerminkan bahwa Honda CBR ramah untuk dikemudikan di jalan raya dan juga tepat untuk digunakan sebagai motor harian.

2. YAMAHA YZF

Yamaha YZF-R1


Kalo ini mungkin tidak terlalu banyak yang tahu, karena kebanyakan kalo nyebut motor yamaha ini langsung hanya R (Sekian) saja, YZF nya tidak di sebut, mungkin karena ribet kali namanya.
Yamaha YZF misalnya memiliki kepanjangan Yamaha Zinger Fourstroke atau jika diartikan secara sederhana berarti Yamaha empat tak. Biasa banget ya namanya..,

3. SUZUKI GSX

Suzuki GSX-R150


Mungkin ini yang terdengar paling keren, GSX mempunyai arti  Grand Street eXperimental. Well harusnya sih namanya GSE ya..., tapi memang lebih keren kalo X. Sebenarnya ada beberapa motor produksi Suzuki lainnya yang berawalan G, Contohnya selain GSX ada GF, GN, GZ (Marauder series), GSF (Bandit series), GW (Inazuma), dan masih banyak lagi.

Tapi memang yang paling terkenal dari semua kode G ini adalah GSX series yang disematkan di motor yang memiliki desain full fairing dan punya performa tinggi.

Enggak sekadar biar keren saja, GSX punya kepanjangan Grand Sport eXperimental.

4. Kawasaki KLX

Kawasaki KLX


Untuk yang satu ini bukan tipe motor sport fairing, tapi dari motor trail., Kawasaki Light Cross.., (Karena X sering di baca Cross).., Secara harafiah, KLX dapat diartikan sebagai motor cross Kawasaki seri ringan. Tak hanya soal bobot, kata "light" mempertegas bahwa motor cross ini juga dapat dikendarai oleh pemula dan di jalan raya.

Oleh sebab itu, Kawasaki melengkapi KLX dengan fitur yang tidak terdapat pada motor berkode KX atau Kawasaki Cross yang 100 persen motor trail. Berbeda dengan KX, KLX dibekali spion, panelmeter, standar samping, lampu depan-belakang, lampu sein, dan kunci kontak.

Tak hanya segi fitur, mesin yang diusung keduanya pun sangat berbeda. Jika Kawasaki KLX menggunakan mesin 4 tak, KX justru masih menggunakan mesin 2 tak yang terkenal karena torsi yang besar.

Kawasaki KLX tersedia dalam dua varian berdasarkan kapasitas mesin, yaitu KLX 150 dan KLX 250 dengan berbagai serinya masing-masing. Sedangkan KX ditawarkan dalam 4 varian, KX 65, KX 85, KX 100, dan KX 250.

itu adalah beberapa singkatan dari motor yang sedang populer hari ini..,

Beberapa arti kata singkatan dari model motor lain yang juga populer di antaranya..,

Honda NSR singkatanya New Sprinter Racing

Honda NSR


Nah untuk RGR ini mungkin ada yang tahu.., saya sudah  cari info tapi kok belum nemu apa arti singkatan dari RGR..,